Malang Raya


Malang Raya merupakan sebuah terminologi yang menjadi representasi kultural dari sebagian wilayah eks Karesidenan Malang, yaitu Kabupaten MalangKota Malang dan Kota Batu. Hingga saat kini menjadi populer dengan kawasan Metropolitan Malang Raya. Secara budaya, wilayah ini terikat pada suatu komunitas yang disebut "Arek Malang atau Arema", dalam hal ini tercakup juga sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan sepertiSukorejoPurwosariPurwodadi, dan Pandaan.
Istilah "Malang Raya" mulai populer ketika eks Kecamatan Batu, Kabupaten Malang, ditetapkan sebagai Kota Administratif. Hal ini berlanjut hingga Kota Batu ditetapkan sebagai kota tersendiri. Dalam perkembangannya, tiga kepala daerah di wilayah Malang Raya sering berkoordinasi dalam setiap kegiatan yang berpotensi melibatkan ketiga wilayah administratif tersebut. Hal ini menjadikan kebijakan-kebijakan pemerintahan yang diambil tidak berbenturan antar-wilayah.
Kota Malang tidak saja berfungsi sebagai pusat pemerintahan, tetapi juga merupakan pusat pendidikan, perdagangan, jasa dan industri.
Perkembangan Kota Malang memiliki keterkaitan yang kuat antara Kota Malang dengan wilayah-wilayah di sekitarnya. Perkembangan tersebut membawa perubahan struktur ruang Kota Malang menjadi Perkotaan Malang dan sekitarnya atau disebut dengan istilah Malang Raya.
  • Struktur pusat permukiman perkotaan dalam Malang Raya diarahkan dalam 3 cluster, yaitu cluster Kota Malang, Kota Batu, dan Perkotaan Kepanjen.
  • Struktur pusat permukiman perkotaan cluster Malang, meliputi pusat permukiman Perkotaan Lawang, Singosari, Dau, Karangploso, Wagir, Pakisaji, Bululawang, dan Tajinan.
  • Struktur pusat permukiman Perkotaan Kepanjen meliputi pusat permukiman Perkotaan Gondanglegi, Turen dan perkotaan sekitar Kepanjen. Sedangkan Struktur permukiman Kota Batu meliputi seluruh permukiman di Kota Batu.
Kawasan Metropolitan Malang Raya mencakup wilayah administrasi,
  1. Kota Malang
  2. Kota Batu
  3. Kabupaten Malang

Demografi
Daerah AdministratifLuas (km²) 2010Kepadatan penduduk (/km² 2010)Jumlah penduduk 2010
Kota Malang110,066.171820.243
Kota Batu202,30873190,184
Kabupaten Malang4.576,00511,152,446,218
Total4.888,36707,113.456.645
Sumber: *Statistics Indonesia[1]

Tranportasi
  • Tranportasi Udara : Bandara Abdul Rachman Saleh
  • Tranportasi Darat :
    1. Kereta Api: Kota Malang memiliki 3 stasiun kereta api (Stasiun Malang,Stasiun Malang Kotalama, Dan Stasiun Blimbing) Kab. Malang memiliki 6 stasiun di wilayah Kabupaten Malang (LawangSingosariPakisajiKepanjenNgebruk, dan Sumberpucung). Lintasan kereta api di wilayah Kabupaten Malang termasuk unik karena melewati dua buah terowongan di daerah Bendungan Sutami, Karangkates.
    2. Jalur Antar kota/daerah (Surabaya-Blitar, dll.);
    3. Bus : Terminal Bus Arjosari , merupakan terminal bus terbesar dan tersibuk di Malang Raya. Terminal ini melayani rute jarak dekat, menengah, dan jauh (AKAP). Terminal Bus Landungsari melayani angkutan jarak dekat dan menengah hingga ke Tuban. Dan Terminal Bus Hamid Rusdi melayani angkutan jarak dekat dan menengah ke Jawa timur bagian selatan, Seperti LumajangBlitarTrenggalek, dll.
    4. Jalan TolJalan Tol Pandaan - Malang dan Malang - Kepanjen (Under Construction).
    5. Jalan Lingkar: Lingkar Timur dan Lingkar Barat (Under Construction)

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Malang_Raya








Share this product :
 
Support : Prigi Tirta Wisata Tour & Travel
Copyright © 2013 PRIGI TIRTA WISATA MALANG - All Rights Reserved
Created by Creating Website
Published by Mas Template